Sebagai seorang pelaku usaha sebuah laporan keuangan adalah hal yang wajib di dimiliki. Pembukuan sangat penting bagi kelangsungan jalannya usaha, tak perlu menggunakan pembukuan yang ribet, Kamu bisa membuat pembukuan sederhana untuk usaha kecil. Pembukuan sangat penting untuk mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang kamu peroleh.

Atau masalahnya malah kamu sebagai pelaku usaha tidak tahu apa saja laporan keuangan yang harus di miliki? Sebenarnya gampang, kamu tidak perlu mengetahui semua laporan keuangan. Yang perlu kamu ketahui jenis laporan keuangan yang wajib saja.

Jenis Laporan Keuangan di Indonesia

Walaupun kamu tidak memiliki kemampuan yang yang mendalam untuk ilmu akuntansi, tetapi kamu sudah memiliki sebuah usaha maka kamu sudah seharusnya mendalami ilmu akuntansi, terutama akuntansi dasar. Yang secara tidak langsung, kamu akan mengelola keuangan usaha yang kamu miliki. Dan dsisini pentingnya ilmu akuntansi yang akan berkaitan pada pembukuan sederhana untuk usaha kamu. Berikut enterpreneursquad.id ulas beberapa jenis laporan keuangan dari berbagai sumber.

Laporan Perubahan Modal

Jenis laporan keuangan pertama yang harus kamu ketahui adalah laporan perubahan modal. Dalam mendirikan sebuah usaha kamu memakai yang namanya modal. Seiring usaha tersebut berjalan, maka modal yang kamu miliki pun akan mengalami perubahan. Karena ada perubahan pasti kamu perlu menyusun laporan untuk perubahan modal. Laporan perubahan modal akan memberikan kamu infromasi seberapa banyak peningkatatan ataupun penurunan pada modal selama periode akuntansi berjalan. Terkadang beberapa pelaku usaha menggunakan uang pribadi mereka untuk menambah modal. Seiring berjalan, untuk mengetahui apakah keuntungan yang didapat sudah balik modal maka diperlukan penghitungan laporan perubahan modal ini.

Laporan Neraca

Laporan neraca dalam bahasa inggris bisa juga di sebut dengan balance sheet. Sesuai dengan namanya, neraca ini menunjukan keseimbangan keuangan di perusahaan kamu. Laporan neraca dibuat pada suatu periode akuntansi tertentu yang menunjukkan dua macam informasi utama. Melalui laporan neraca, kamu bisa tahu kondisi sumber kekayaan entitas serta sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas.

Di dalam laporan neraca, ada beberapa unsur besar yang harus kamu pahami terlebih dahulu, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas. Aset adalah sumber ekonomi yang bisa memberikan manfaat untuk perusahaan kamu di kemudian hari. Sedangkan liabilitas merupakan kebalikan dari aset, yaitu hutang pada pihak lain yang wajib di lunasi. Dalam laporan neraca, jumlah aset yang dimiliki harus seimbang dengan hasil jumlah antara liabilitas dan ekuitas atau saham

Laporan Arus Kas

Bisa dibilang, laporan yang satu ini sangat penting karena bisa menjadi pendoman para pemilik usaha dalam menjalankan usahanya. Laporan arus kas dalam akuntansi dikenal dengan istilah cash flow. Cash flow ini berisi laporan yang menunjukan besarnya pemasukan dan pengeluaran untuk melangsungkan kegiatan operasional perusahaan sehari-hari

Jadi, semua transaksi yang kamu lakukan baik itu yang menambah kekayaan perusahaan ataupun yang mengurangi pendapatan perusahaan harus dicatat di arus kas ini begitu juga dengan tanggalnya. Tipsa yang bisa kamu lakukan adalah sebaiknya kamu tidak membuang nota, struk belanja, kuitansi, dan bukti transaksi lainnya sehingga ketika dilakukan pembuatan arus kas, kamu bisa denan mudah memasukan angka dan tanggal transaksi.

Adapun pembuatan laporan arus kas ini berdasarkan pada penghitungan yang dihasilkan pada neraca. Melalui laporan arus kas, kamu jadi tahu perubahan kekayaan usaha kamu dan bisa memperkirakan kondisi arus kas untuk periode akuntansi setelahnya.

Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi adalah inti dari semua laporan keuangan yang kamu buat. Pada umumnya tujuan usaha adalah untuk memperoleh keuntungan, bukan? Oleh karena itu kamu sangat perlu untuk menyusun laporan laba rugi ini. Laporan laba rugi akan memberi tahu kamu apakah usaha kamu berjalan sesuai harapan atau tidak.

Jika usaha kamu mengalami laba, tentu akan menguntungkan bagi kamu karena bisa menabung atau dijadikan sebagai investasi maupun hal lain untuk pengembangan perusahaan. Sebaliknya, jika ternyata usaha yang kamu geluti mengalami rugi maka kamu harus mencari tahu apa saja penyebabnya dan bagaimana solusi yang tepat. Jadi, dari sini kamu paham betapa pentingnya laporan keuangan yang satu ini.

Dengan mengetahui masing-masing jenis laporan serta fungsinya, jadi kamu bisa lebih tau dan memiliki gambaran dalam membuat laporan keuangan. Karena laporan keuangan memaikan perang yang sangat penting dalam mengembangkan usaha kamu, maka pembuatnnya harus benar agar hasil yang diberikan juga valid. Jika kamu ragu, kamu bisa melihat banyak contoh di internet dan pedoman dalam membuat jenis laporan keuangan dengan baik dan benar.

Mmebuat laporan keuangan memang memerlukan waktu yang tidak sebentar, jadi kamu tidak perlu khawatir jika tidak bisa segera menyelesaikan laporan keuangan perusahaan kamu dalam waktu yang singkat. Tetapi, semakin kamu sering mengerjakannya maka akan semakin terlatih kamu dalam membuat laporan keuangan yang baik dan benar, tentunya juga cepat.